Cara Promosi Hotel Tingkatkan Okupansi [Homestay + Penginapan]
Strategi marketing dan cara promosi hotel seperti apa yang selama ini kamu gunakan? Menggunakan SMS Blast, memasang banyak baliho, atau menyebar brosur di tepi-tepi jalan? Hasilnya seperti apa? Kami yakin jumlah transaksi yang masuk jauh lebih banyak dari OTA (Online Travel Agen) dibandingkan pelanggan yang datang langsung dan melakukan reservasi.
Jika cara promosi homestay, penginapan, hotel, atau homestay ini tetap kamu lakukan, kami yakin hasilnya akan stuck seperti itu-itu saja. Jenis produk seperti ini akan jauh lebih efektif jika kamu memanfaatkan digital marketing.
Memang pernyataan diatas cenderung seperti klaim, karena Divedigital.ID sendiri menghadirkan produk dan layanan terkait hal ini. Tapi kami akan memberikan alasan kenapa strategi ini adalah yang terbaik untuk saat ini.
Kenali Siapa Custumer
Klasik memang, namun dengan mengenal lebih jauh siapa konsumen akan membawa kamu pada strategi yang lebih efektif untuk menjual sesuatu. Pertanyaan terkait siapa konsumen hotel, penginapan, homestay, atau kos-kosan ini pasti bukan suatu yang sulit untuk dijawab.Dan jawabanya adalah mereka yang tempat tinggalnya jauh, yang mungkin tidak tahu sama sekali mengenai kota kamu, apalagi hotel kamu.
Dan ketika mereka tidak tahu mengenai sebuah lokasi dan siapa yang harus dihubungi, apa yang akan dilakukan?
Untuk saat ini, hampir bisa kami pastikan mencari tahunya melalui mesin pencari seperti Google, atau mencarinya melalui Aplikasi Travel Agen.
Disinilah peluang yang bisa kamu manfaatkan, yaitu menyambut mereka yang mencari informasi melalui internet agar bisa sampai pada hotel, penginapan, homestay, atau kosan kamu.
Caranya seperti apa?
Seperti yang sudah kami bilang tadi, memanfaatkan digital marketing melalui SEO Chanel atau istilah kerennya saat ini Inbound marketing. Cara promosi homestay yang seperti ini kami yakin akan jauh lebih efektif, hemat biaya, dan tepat sasaran.
Cara Promosi Hotel Melalui SEO Chanel
Inbound marketing merupakan sebuah strategi pemasaran melalui konten untuk menarik konsumen, kita cukup menyediakan informasi, dan biarkan konsumen menemukan usaha kita sendiri melalui mesin pencari atau sosial media. Ini jauh lebih efektif karena pelanggan datang dengan sendirinya tidak kita kirimi SMS blast atau email yang mungkin akan sangat menggangu.
Strategi ini sendiri ada banyak cabangnya, dan fokus pembahasan kali ini adalah SEO Chanel yang memang menjadi keahlian kami. Lalu harus memulai dari mana? Lets get to the list..
1. Buat Medianya
Pertama kita membutuhkan media yang digunakan untuk membagikan informasi (penawaran produk dan informasi yang dibutuhkan custumer), dan media yang paling banyak digunakan adalah website. SEO chanel ini tidak akan bekerja tanpa website, jadi jika kamu memilih strategi ini, maka mempunyai website adalah hal mutlak.Terkait website, ada dua CMS (Content Manajemen System) yang paling populler, yaitu blogger dan juga wordpress. Namun saran kami gunakan wordpress karena jauh lebih mudah untuk dilakukan optimasi agar muncul di halaman 1 Google.
2. Buat Kontennya
Setelah website jadi, mulailah untuk membuat konten website yang SEO Friendly. Jangan membuat banyak konten sebelum kamu kenal atau paling tidak sedikit paham dengan SEO, karena biasanya ada banyak kesalahan yang akhirnya website yang dibuat tidak memberikan hasil apa-apa.Terkait konten, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, yakni buat konten yang paling dibutuhkan custumer, baik berupa informasi atau penawaran produk yang kamu jual. Selain itu, pastikan konten website kamu lebih banyak artikel dibandingkan dengan gambar atau vidio, karena konten berupa teks jauh lebih mudah dipahami oleh mesin pencari.
Yang perlu dihindari terkait konten ini adalah jumlah kata yang terlalu sedikit atau artikel kopy paste.
3. Jaga Kualitas Konten
Konten adalah hal paling fundamental dalam panduan promosi hotel yang kami sampaikan ini, selain menjaga konsistensi, kamu juga harus memastikan untuk menjaga kualitas konten. Lebih baik menerbitkan satu konten berkualitas atau tidak sama sekali.Terkait konten seperti apa yang akan diterbitkan, usahkan untuk mencari topik yang paling banyak dicari dan yang paling dibutuhkan oleh mereka. Biasanya konten yang relevan dengan hotel, homestay, atau penginapan adalah rekomendasi tempat makan, tempat nongkrong, wisata, dan masih banyak lagi lainnya.
4. Lakukan Optimasi SEO
Website kamu tidak akan muncul di halaman 1 Google jika kamu tidak melakukan optimasi, terkait hal ini kamu bisa membacanya disini https://divedigital.id/optimasi-seo/. Jika kamu sudah membaca artikel yang kami berikan diatas, kami yakin kamu sudah tahu tentang bagaimana cara optimasi SEO.Lakukan step by step yang ada disana, dan tunggu sampai website kamu sampai pada halaman 1 Google, Jika tidak sampai halaman 1 Google, website yang kamu bangun tidak akan memberikan pengaruh apapun.
5. Jangan Berlebihan dengan Backlink
Biasanya orang yang baru mengenal website akan mendewakan backlink, dan memiliki persepsi kalau semakin banyak backlink akan semakin bagus untuk website mereka. Padahal kenyataannya tidak, memang jumlah backlink sangat berpengaruh, namun hanya untuk backlink yang berkualitas saja.Jika kamu sudah membaca panduan optimasi SEO yang kami berikan diatas, dalam melakukan optimasi backink ini targetkan untuk membuat website Authority.
Sederhananya, panduan cara promosi hotel ini adalah dengan memunculkan website bisnis kita di Halaman satu Google, dan mendapatkan transaksi dari sana. Kami yakin hal seperti ini cukup efektif, terlebih untuk hotel atau homestay baru yang belum memiliki nama.
Semoga bermanfaat, berlarilah dan jangan lupa untuk terus melakukan inovasi. Dunia tidak akan menunggu sampai kamu bisa mengikuti ritmenya.
Belum ada Komentar untuk "Cara Promosi Hotel Tingkatkan Okupansi [Homestay + Penginapan]"
Posting Komentar